Minggu, 10 Januari 2016

Mahasiswa Psikologi itu Keren

Psikologi adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang jiwa antar manusia. Jurusan ini jarang diketahui oleh masyarakat awam pada umumnya. Banyak orang yang salah kaprah dalam mengartikan apa itu ilmu psikologi dan bagaimana penggunaan ilmu psikologi itu. Menurut saya psikologi adalah ilmu umum, maksudnya ilmu ini bisa kita pelajari dikeseharian kita, tidak seperti ilmu yang lain. Semua yang kita lakukan sehari-hari ada pada psikologi. Bagaimana kita berinteraksi dengan orang, bagaimana kita memperlakukan orang dengan baik, bagaimana kita menjaganya dan masih banyak lagi. 

 Nah, akhir-akhir ini banyak sekali calon mahasiswa yang mengambil jurusa ini, perlu diketahui banyak orang mengambil jurusan ini hanya karena penasaran dan selebihnya karena memang sudah mengetahui bagaimana psikologi itu. Mungkin orang-orang berfikir belajar dipsikologi itu mudah, tidak ada hitung-hitungan, tidak ada mata kuliah tentang sains, memang seperti itu namun banyak tidaknya. Di sini juga mempelajari hal seperti itu dan tidak sepenuhnya seperti yang orang-orang katakan.

Seperti halnya saya, awal pertama memilih jurusan ini karena penulis penasaran. Kenapa para calon mahasiswa jarang sekali menyebut tentang psikologi, banyak yang tidak minat dengan psikologi, kenapa hanya ia dan segelintir orang saja yang ingin mengetahuinya? Namun lambat laut penulis pun mencari tahu apasih ilmu psikologi itu? Awalnya saya berfikir psikologi dapat menebak pikiran orang, dapat membaca pikiran orang namun setelah penulis masuk dan mempelajari psikologi ia jadi tahu banyak hal. Psikologi bukanlah dukun yang dapat menebak segala sesuatu pada diri seseorang, psikologi.
 
Menurutnya, psikologi itu asyik. Mengapa? Karena ilmu ini tidak pernah ia dapatkan di sekolah sebelumnya. Psikologi membahas banyak hal yang kadang membuat penulis terbengong, membuat penulis hanya dapat berkata “oh”. Psikologi memang dapat memperkirakan apa yang dapat dilakukan seseorang, itu semua bukan karena psikologi itu sakti namun dipsikologi juga ada observasi yang memang dapat memperkirakan sesuatu karena hasil yang didapat dari observasi itu. Di psikologi kita juga ada prakteknya, di sini kita diajarkan bagaimana cara mengobservasi, menilai seseorang, mewawancarai, tidak hanya melulu teori saja yang kita pelajari. Banyak yang tidak mengetahui kalau di psikologi ada prakteknya, orang-orang hanya mengira psikologi mungkin seperti sastra.  Satu dari psikologi yang membuat penulis menyukainya, di sini kita diajarkan untuk memahami orang lain. Memang kedengarannya biasa saja, simple. Banyak orang sering mengucapnya  dan mungkin juga banyak orang melakukannya, tapi perlu diketahui saat kita memahami oranglain, kita juga perlu memahami diri kita sendiri.

Sumber Google


Mahasiswa psikologi mempunyai tingkat kepekaan yang tinggi, contohnya seperti ini mahasiswa psikologi ikut melaksanaan kegiatan peringatan hari kesehatan mental sedunia. Mahasiswa ini tidak hanya memikirkan mental diri mereka sendiri, mereka juga memikirkan mental orang lain dengan cara aksi turun ke jalan. Memberi tahu orang-orang melalui kampanye atau menyebar selebaran yang berisikan bahwa Skizofrenia bukanlah penyakit yang tidak bisa disembuhkan, penyakit ini bisa disembuhkan dengan bantuan orang-orang di sekitarnya, dengan cara merawatnya, menjaganya, dan tidak menjauhinya.


Psikologi memang sudah mengajarkanku banyak hal, mulai dari menata hidupku agar damai dengan cara-cara psikologi dan psikologi membuat diri ini tegar. Perlu kalian tau jika kelak mahasiswa psikologi menjadi psikolog pastilah banyak sekali keluhan-keluhan yang datang dari para klien, padahal psikolog juga mempunyai kehidupan dan masalahnya sendiri, namun psikolog akan tetap memprioritasnya kliennya daripada diri sendiri. Seorang psikolog juga harus bijak mengambil pilihan agar klien tidak semakin terpuruk, psikolog juga tidak boleh lebih lemah dari kliennya, psikolog itu bukan tempat sampah, melainkan charge agar bukan hanya menjadi tempat berkeluh kesah dan mengadu, tetapi psikolog juga harus menguatkan kliennya, membangkitkan lagi kliennya. Penulis bangga menjadi mahasiswa psikologi. Mahasiswa psikologi itu hebat, banyak sekali mengesampingkan kehidupannya demi memikirkan orang lain namun akan tetap tegar karena di psikologi kita belajar menguatkan diri yang membuat kita tidak jatuh sendiri.


Tugas Akhir Semester
Oleh : Rizka Estiyani
NIM : F100140063
Editor : Blogger





1 komentar: